Membangun Fondasi Pendidikan: Peran Prodi PIAUD UAI dalam Seminar Prosiding Universitas Muhammadiyah Cirebon
31 Juli 2024Pada tanggal 27 Juli 2024, Universitas Muhammadiyah Cirebon mengadakan Seminar Prosiding dengan tema “Strategi Pembelajaran PAUD yang Menyenangkan”. Seminar ini mengundang sejumlah narasumber dari berbagai institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, termasuk Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dari Universitas Al-Hikmah Indonesia (UAI).
Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon, Arif Nurudin M.T, dalam sambutannya menekankan pentingnya menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini. “Pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar anak dan membantu perkembangan kognitif serta emosional mereka. Oleh karena itu, seminar ini bertujuan untuk berbagi strategi inovatif dalam pendidikan anak usia dini,” ujar Arif Nurudin M.T.
Salah satu narasumber utama dalam seminar ini adalah Nurul Novitasari, M.Pd.I, dari Prodi PIAUD UAI. Dalam presentasinya yang berjudul “Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran PAUD yang Menyenangkan”, Nurul Novitasari, membahas berbagai pendekatan yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan stimulatif bagi anak-anak.
“Pembelajaran yang menyenangkan bukan hanya tentang permainan, tetapi juga melibatkan berbagai metode yang dapat merangsang minat dan kreativitas anak. Pendekatan ini harus holistik, menggabungkan aspek kognitif, sosial, emosional, dan fisik,” kata Nurul Novitasari, M.Pd.I,. Beliau juga memaparkan beberapa contoh konkret dari Prodi PIAUD UAI, seperti penggunaan alat peraga interaktif, kegiatan seni, dan permainan edukatif yang melibatkan partisipasi aktif anak-anak.
Para peserta seminar yang terdiri dari akademisi, mahasiswa, dan praktisi pendidikan sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Mereka mengapresiasi kontribusi Prodi PIAUD UAI yang memberikan wawasan baru tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.
“Sesi ini sangat menginspirasi. Saya mendapatkan banyak ide baru tentang bagaimana membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak di kelas saya,” ungkap Ibu Dian Purnamasari, seorang guru PAUD dari Bandung.
Kegiatan seminar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi panel, di mana para narasumber termasuk Nurul Novitasari, M.Pd.I, berbagi lebih banyak wawasan dan menjawab pertanyaan dari para peserta tentang implementasi strategi pembelajaran yang menyenangkan di PAUD.
Seminar Prosiding ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran ilmu dan pengalaman, tetapi juga memperkuat hubungan antara Universitas Al-Hikmah Indonesia, Universitas Negeri Makasar dan Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam upaya bersama memajukan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Dengan kolaborasi seperti ini, diharapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dapat diterapkan di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini di seluruh Indonesia, sehingga anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan bahagia.